Rainbow Roll Cake

image

Kali ini bikin rainbow roll cake yang versi dipanggang. Prinsipnya = roll cake biasa, hanya adonan-nya dibagi menjadi 6 warna, yang masing2 dimasukkan ke dalam pastry bag, lalu disemprotkan satu per satu ke dalam loyang.

Sebetulnya, tidak perlu dibagi menjadi 6 it’s ok juga…  Be creative saja 🙂

Resepnya diambil dari ncc rainbow week , yg diposting oleh mba Lala (izin copas yaaaa)….Resep asli dari Pak Hadi Tuwendi , modify by me

Bahan A :
6 butir kuning telur
3 butir putih telur
70 gr gula pasir
1 sdM emulsifier (mis: SP,TBM, Ovalet, Starkies, Ryoto)
1 sdM susu bubuk
50 gr terigu self raising (50 gr tepung biasa + 1 sdM Baking Powder)
1 sdM air

Bahan B :
50 gr margarin
15 gr butter
1 sdT vanilla essens

Isi : selai blueberry/ Butter cream siap pakai + Keju cheddar parut kasar (bisa juga diisi selai coklat/stroberi dan diberi parutan keju) — kalau aku pakai whipped cream + taburan keju parut

Cara membuat :
Masukkan semua bahan A jadi satu. Kocok sampai putih mengembang

Masukkan mentega cair, aduk rata sampai dasar wadah

Bagi rata adonan jadi 6 bagian, 6 warna sama banyak.(bagi 3 atau 4 juga boleh…)

Tuang di Loyang 22X22 yg telah dilapisi kertas roti

Panggang dengan api atas bawah 20 menit suhu 180C (tergantung oven masing-masing)

Pastikan kulit bolu gulung sudah cukup kering baru diangkat dari oven.

Proses Akhir :
Setelah matang, angkat kue, balikkan diatas kertas roti/serbet, kupas kertas roti yg menempel pada kue.
Letakkan pada serbet bersih.Oles kue dengan olesan, gulung sambil dipadatkan.
Potong-potong dan sajikan, siap disantap…

Untuk fillingnya aku pakai whipped cream lalu diberi parutan keju….mmmm

Advertisements

Rainbow Steamed Polka Dot Roll Cake

image

Entah kenapa, tapi aku memang agak terobsesi dengan yang namanya roll cake. Kelihatannya cantiik deh

Ini hasil blog walking dari ncc bolgul week, ceritanya kesengsem sama si polkadot ini. Selain lucu, juga karena dia pakai putih telur, cocok deh untuk menghabiskan stok putih telur di kulkas, sisa dari tiger roll

Dengan pemakaian santan, sehingga taste-nya menjadi lebih gurih

Resep diadaptasi dari Sedap .

Bolu Kukus Gulung Pelangi
Source : Sajian Sedap

Bahan-bahan:

200 gram putih telur
1/4 sendok teh garam
25 ml santan kental dari 1/4 kelapa (me : santan kara)
1 sendok teh emulsifier (me: sp)
100 gram gula pasir
80 gram tepung terigu protein rendah
25 gram minyak goreng
75 gram selai stroberi untuk olesan (aku pakai merk paleta)
Pewarna

Cara Pengolahan :

Kocok putih telur, garam, dan emulsifier sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.

Masukkan santan. Kocok perlahan. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk perlahan.

Masukkan minyak goreng dan santan sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.

Ambil satu sendok adonan untuk masing-masing warna..

Tuang adonan putih diloyang 26x26x3 yang dialas kertas roti.

Tuang adonan warna di beberapa tempat bergantian.

Kukus 15 menit dengan api sedang.

Angkat, balikkan diatas kertas roti.

Oles selai. Gulung dan padatkan.

Selamat mencoba!

Fancy Roll Cake

image

Ceritanya penasaran sama para suhu yg sdh bolak balik posting jepretan hasil bikin Japanese Roll Cake….lucu llucuuu bangett deh motifnya..dan foto2nya itu aduhaiii..

Gak mau kalah akhirnya bolak balik baca resep yang bersliweran di Internet….bingung juga mau pake resep yg mana. Pakai motif yg di panggang atau dibekukan….

Akhirnya pilihan jatuh kepada resep dari http://umekdidapur.blogspot.com (ijin copas resepnya ya mbaak)

Fancy Roll Cake
Source: Niens Cake, modify by myself

Adonan motif
Bahan :
15 g tepung terigu
15 g gula pasir
1 butir telur
sejumput SP (hanya untuk membantu mengentalkan adonan )

* kocok bersama2 semua bahan sampai mengental
* beri warna sesuai kebutuhan
* masukkan masing2 warna ke dalam piping bag
* siapkan 2 buah loyang ukuran 20x20cm, oles dengan margarine alasi dengan kertas roti dan oles lagi dengan margarine
* buat motif di atas nya….dan masukkan frezer

Roll Cake

Bahan :
5 butir telur
65 g tepung terigu protein sedang
15 g maizena
10 g susu bubuk (me: hilo vanilla caramel)
90 g gula kastor
110 g butter atau margarine dilelehkan (me: 50:50)
15 g susu cair (me: ultra plain)
2 sdt SP
1 sdt vanilla ekstrak

Cara membuat :
– Kocok semua bahan kecuali butter sampai kental berjejak
– Masukkan butter , aduk melipat…sampai rata
– Tuang ke dalam loyang yg sudah bermotif
– Oven selama 15 menit pada suhu 200′

Penyelesaian :
– ambil selembar cake dengan posisi permukaan yang bewarna coklat di atas.
– oles permukaan nya dengan filling sesuai selera (me : whipped cream campur dengan cheese spread)
– gulung, rapatkan

Happy Baking !!

image

Tiger roll with chocolate spread filling

image

Akhirnyaaaaa….#phewww#…setelah 3x coba bikin tiger roll, finally motifnya keluar….dan itu jg krn akhirnya beli oven baruu dehh x_x (nanti aku posting foto oven baru-ku ya)

Oven lama-ku pake tecnogas, bisa nyala api atas dan bawah, tp tdk bisa berbarengan. Mungkin itu alasannya yaa kenapa motif tiger yg sebelumnya tdk bs keluar

Anyway, buat yg blm berhasil bikin motif tiger; ayoo jgn patah semangat…maju teruss xixixi

image