100% whole wheat bread roll : King Arthur Flour

image

* 100% Whole Wheat Flour
* No egg
* No sugar (use honey instead)

* No butter (use Olive Oil instead)
* No bread improver

Kali ini aku pakai resep dari King Arthur Flour. Berikut aku sertakan link nya http://www.kingarthurflour.com/recipes/classic-100-whole-wheat-bread-recipe
image

Utk bahan yg saya gunakan, selain mengikuti resep di atas, saya juga menyesuaikan dengan bahan yg tersedia di dapur :
* tepung : merk pilsburry
* vegetable oil : merk Bertolli Classico Olive oil
* honey : madurasa / madu sumbawa
* yeast/ragi : merk fermipan 2- 1/4 sdt –> hati2 dlm penggunaan ragi. Di US, 1sachet ragi instant = 7gr, kl di sini 1 sachet fermipan = 11gr

Di link tsb, kita bisa lihat resep nya dalam satuan cup atau gram.
Di dalam resep ini, tentu saja menggunakan King Arthur Flour whole wheat, sementara aku menggunakan merk Pilsburry. Berhubung saya belum pernah menggunakan King Arthur, jd saya tidak tahu, apakah hasilnya akan sama, mengingat kandungan protein di Pilsburry lebih tinggi drpd King Arthur.

Pada resep ini, aku mengikuti saran mereka, yaitu setelah mengaduk bahan hingga tercampur rata  diamkan adonan di bowl mixer, tutup dgn serbet selama 30 menit. Ini fungsinya agar tepung bisa menyerap cairan, biarkan ragi bekerja dulu, sehingga proses kneading berikutnya lebih mudah

Setelah itu lanjutkan proses kneading, bisa pakai tangan ataupun mixer selama 3-5 menit. Aku jg mengikuti saran mereka, dgn mengolesi alas meja & tangan menggunakan minyak (me : olive oil(, bukan tepung — ini utk menghindari penggunaan tepung yg terlalu banyak, yg bisa mengakibatkan adonan menjadi keras.

Setelah kneading selesai, bulatkan adonan, diamkan utk proofing kedua 30 menit.

image

Setelah itu kempiskan adonan, dibagi 12-14 roll, lalu diamkan 30 menit utk proofing terakhir *)

image

*) seharusnya proofing ke2 di skip saja, krn sblm adonan masuk oven, terlihat banyak pori besar di adonan (bisa dilihat pd gambar di bawah)- biasanya ini krn over proofing. Jadi saran saya, skip proofing ke2

image

Kalau aku lihat di youtube laura in the kitchen, dia tidak menguleni adonan terlalu lama. Dan tampaknya hasil roti nya baik2 saja.

Selama ini saya mengira, bahwa roti gandum 100% ini keras, ternyata tidak. Saya makan roti ini sekedarnya, sisanya saya masukkan dlm tupperware ditaruh di kulkas bagian bawah, saya ambil secukupnya jika lg ingin makan roti. Alhmdulillah tahan 5  hari, tidak pakai pengawet/ pelembut adonan.

image

Berikut saya sampaikan beberapa tips

Tips :
1. setelah mengaduk bahan hingga tercampur rata  diamkan adonan di bowl mixer, tutup dgn serbet selama 30 menit. Ini fungsinya agar tepung bisa menyerap cairan, biarkan ragi bekerja dulu, sehingga proses kneading berikutnya lebih mudah

2. Pada proses kneading ke-2, cek tekstur adonan, jika terlalu kering, tambahkan air sedikit sedikit….jika terlalu lembek, tambahkan tepung

INGAT : adonan yg agak lembek lebih baik daripada yang keras…yg penting tidak lengket di tangan

3. Oles minyak tipis2 sebagai taburan pada alas meja dan juga tangan, jika adonan lengket (me : olive oil). Jika menggunakan tepung, dikhawatirkan kita akan menggunakan too much flour — nanti roti akan mnjadi keras

4. Ketika final proofing, segera nyalakan oven –> adonan akan masuk ke oven, jika suhu oven sudah stabil. Biasanya utk mencapai suhu tertentu dan stabil, oven membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit.

5. Jika ingin menggunakan topping spt pd gambar, olesi dgn eggwash sebelum adonan masuk ke oven, lalu taburi almond/oat/poppy seed/pumpkin seed/sunflower seed.

Pada gbr diatas, saya mengolesi dengan melted butter (kacang tdk menempel), shg kacang nya rontok semua ketika roti matang.

6. For lighter texture, menurut pemilik resep, substitute 1 cup of whole wheat flour debgan 1 cup of bread flour

7. Lesser amount of yeast will cause slower proofing thus create better flavor. So, penggunaan ragi dgn jumlah lbh sedikit drpd di resep bisa saja.

Utk bread roll ini, dipanggang  di oven aku 20 menit di rak bawah, 10 menit di rak atas suhu 190-200C

Kenali oven masing2 ya..

So, selamat mencoba!

Leave a Reply

