Almond Crispy

image

Rasanya kukis yg konon asli oleh2 dari Surabaya ini lg booming banget yah. Saya sih belum pernah cobain, tapi percaya deh kalau rasanya enak, karena kukis ini mengingatkan saya akan camilan yg berasal dari Perancis, namanya Almond Tuilles.

Duluu banget pernah cobain, bedanya kalo Almond Tuilles ini almondnya banyak banget, berbeda dengan almond crispy yg dari Surabaya, hny sedikit fitabur diatasnya (Iyalaaaahh….kalo almondnya banyak ntar harganya juga mahal kali yah)

Oke…browsing resep lanjut. Pertama, aku cari di youtube, nemu resep dari ko—- tv, udah saya coba, berhubung gak punya silpat, aku pakai kertas roti tebal dan dioles full margarin spy tdk lengket.

Rasanya cukup enak, tapi cetak adonannya syusyaah krn adonan lengket banget shg sulit utk diratakan dgn sendok

Lalu, penasaran, sy browsing di youtube, ketemu ulasan laptop si unyil yg merekam proses pembuatan almond crispy. Ternyt mereka menambahkan susu ke dalam adonan.

Saya browsing lagi, ktmu resep dari mbak didi, yg menggunskan kuning telur dan susu. Rasanya cukup enak, tp problemnya sama, adonan lengket, sulit utk diratakan dan dibuat tipis.

Akhrnya browsing lagi di youtube, ktmu resep dari dessertz house. Setelah dicoba, enaaaakkk bangett…adonan gk lengket, gampang diratakan, dan dibuat setipis mungkin.

Oh ya kacang almond tidak saya masukkan ke dalam adonan, sy cetak adonan dulu, baru ditabur almond slice diatasnya.

Berikut resepnya yah

Almond crisp by dessertz house, aku bikin 2 resep — menghasilkan sktr 73 buah almond crisp

2 egg white –> 4 egg whites
50gr powder sugar (me:40gr) –> 80gr
40gr flour berprotein rendah-> 80gr
25gr butter, melted, room temp –> 50gt
A pinch of salt – 2 pich of salt
Almond slice – 50-100gr
Keju parut – if you wish

Siapkan loyang datar yg telah dialasi dgn silpat atau baking paper yg anti lengket (cari di tbk), agar almond crisp mudah diangkat ketika sdh matang

Taruh egg white, salt, sugar dalam satu wadah , kocok pk baloon whsik til frothy, sampai tercampur dengan baik

Mix sifted flour into the bowl, stir til smooth, creamy

Add room temperature of melted butter, stir well

Ambil cookie cutter ring diameter 5cm, celupkan sedikit ke dalam adonan, cetak bentuk bulatan ke atas loyang

image

Ambil satu sendok the adonan, ratakan dgn gerakan melingkar, sampai lingkaran penuh, tertutupi dgn adonan
(NOTE : aku pakai sendok plastik, sehingga adonan tdk lengket di sendok)

image

image
Tipiskan adonan dgn gerakan melingkar

Put several almond slice on top (and a little bit of grated cheese if you wish)

Bake at 150C for 12 mins, then bake at 130C for 6 mins — total 18 mins

image

(Me : my oven can not go below 140C…jadi aku pakai suhu 140C , bake for 10-15 mins)

Keluarkan dr oven, pindahkan ke atas rak kawat utk beberapa saat, lalu segera masukkan ke dalam toples

image

Note : aku masukkan toples ke dalam kulkas biar tetap krenyes krenyes, hehehe….

Sekiaaan…semoga bermanfaat yah ^_^

Advertisements

2 thoughts on “Almond Crispy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s