Orange Cupcake

image

Bosan bikin rasa cupcake yang itu-itu saja? Cobain deh yang satu ini : Orange Cupcake

Berawal dari jalan2 ke supermarket, lihat harga orange lagi turun, langsung deh beli. Sampai rumah, ingin bikin cemilan, jadi teringat akan orange yg td dibeli, dapat ide bikin orange cupcake, langsung browsing cari resep.

Pilihat jatuh kpd resep dari blog mbak Nina, selain terlihat cukup mudah untuk dibuat, dan juga bahan2nya ada semua. Resep yg diadaptasi dari Amerika, as usual pakai measurement cup, jd gak pakai nimbang2 ​ˆ⌣ˆ✗¡✗¡✗¡ ˆ⌣ˆ

Berikut resepnya ya..

ORANGE CUPCAKE
Source : Catatan Nina, modify by myself

Bahan:

2 1/2 cup terigu –> kira-kira 280 gr terigu protein rendah
2 1/4 sdt baking powder
1/2 sdt garam
4 butir telur
1 1/2 cup gula pasir (me: 220 gr)
1 cup minyak sayur–> kira-kira 240 ml minyak
1 cup jus jeruk segar –> kira-kira 240 ml jus jeruk segar -(me : air perasan dari 1 jeruk Navel + sirup jeruk ABC squash yg sudah dicampur dengan air, shg total jumlah keseluruhan adalah 240ml)

Zest of orange skin (tambahan dari aku — kulit orange diparut 1-2 buah — jangan sampai kena bagian yang putih yaa)

Topping :

Cream cheese di mix dengan whipped cream (krim yang sudah dikocok dan dicampur gula halus). Kalo whipped crem sudah manis, gula-nya jangan banyak2 yaa)

Potongan orange utk hiasan

Cara Membuat:

Panaskan oven dengan suhu 180’C. Siapkan loyang muffin yang telah dialasi kertas cupcake.

Campurkan terigu, baking powder dan garam. Ayak, sisihkan.

Kocok telur dan gula pasir hingga tercampur rata (me : kocok s/d kental berjejak), masukkan minyak dan jus jeruk (me: bergantian alias selang seling). Kocok dengan kecepatan rendah hingga halus.

Masukkan campuran terigu, kocok lagi hingga tercampur rata (me : aduk balik beberapa kali hingga terlihat rata, stlh itu dikocok dgn mixer speed rendah, supaya lebih rata — jgn lama2 yaa).

Masukkan orange zest (kulit orange parut), aduk rata

Sendokkan adonan ke dalam loyang, setengah penuh saja.

Oven selama 15-20 menit atau hingga matang (tes dengan menusukkan tusuk gigi, jika gak ada adonan nempel berarti sudah matang).

Dinginkan diatas cooling rack (rak kawat).

Setelah dingin, semprotkan cream cheese frosting dan beri hiasan potongan orange.

Bisa juga pakai topping  buttercream atau taburin keju atau biarin polos juga mantappssfff 😀

Review :
– bikinnya gampaaang, dan cepettt
– teksturnya moist dan rasanya ennyaaakk, cake-nya wangi jeruk
– dimakan polos juga enak, tanpa frosting, shg orange-nya lebih terasa. Pakai cream cheese frosting juga enak, walaupun jadi agak menutup rasa si orange
– satu resep jadi 25-26 pakai cupcase diva
– paling enak langsung dimakan, tp kalau tidak habis, simpan dalam wadah tertutup, mis tupperware, lalu taruh di dalam kulkas, bisa tahan 2-3 hari. Permukaan cupcake akan terlihat agak ‘sticky / lengket.

Jangan lupa hangatkan dulu sebelum dimakan, agar lebih enak

# Salam Cupcake 🙂 #

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s