Tiramisu Cupcake

image

Lagi ngidam tiramisu ​ˆ⌣ˆ✗¡✗¡✗¡ ˆ⌣ˆ sekalian bikin cake buat my birthday 😀

Males bikin cake besar ataupun yg slice pakai mika, akhirnya kuputuskan bikin tiramisu cupcake ~ sekalian nyobain cupcase yang baru beli

Biasanya untuk vanilla cupcake, aku pakai resep Joy of Baking, cukup enak dan irit telur, asalkan gula-nya musti dikurangi, because it is too sweet for me.

Tapi kali ini aku pake resep cupcake mbak hesti (ijin copas yaaaa)…karena pake kuning telur cukup banyak….pastinya lembut yaa

So, ini resepnya yg sudah aku modif sana sini, menyesuaikan stok bahan yg ada

TIRAMISU CUPCAKE
Recipe by Hesti, modify by me

Bahan :
– 6 kuning telur
– 3 putih telur
– 75 gr gula pasir
– 60 gr tepung terigu protein sedang
– 15 gr tepung maizena
– 10 gr susu bubuk (aku pakai HiLo vanilla)
– 75 gr butter, lelehkan (aku pakai full margarin)
– 1/4 sdt essens vanila (aku pake 1/2 sdt vanila bubuk)

Sirup Kopi(masak sampai mendidih) :
– 3/4 sdm kopi instan (pake nescafe)
– 50 gr gula pasir (aku cuma pake 1 sdm)
– 125 ml air (aku pake 1 gelas belimbing saja)

Cara membuat :

Kocok telur, vanila, dan gula pasir sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.

Masukkan margarin leleh sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.

Masukkan ke dalam cetakan muffin yang di alas cup kertas menggunakan kantong plastik segitiga maupun sendok.

Oven 20 menit dengan suhu 190 C sampai matang. Angkat, dinginkan (aku pake suhu 180 C selama 25 menit)

Perciki satu persatu cupcake dengan sirup kopi, banyaknya tergantung selera.

KRIM TIRAMISu
Recipe by ibu Fatmah, modify by me

Bahan:

250 gr keju mascarphone
(Aku pakai tatua, gak nemu yummy)

300 ml whipped cream
(Aku pakai 250 ml ~
Pake merk Rich)

100 gr gula bubuk
(Aku skip, soalnya Rich udah manis)

½ sdt esence vanilli

4 btr kuning telur

50 gr gula kastor

Cara membuat:

Kocok keju mascarphone, sisihkan.

Kocok whipped krim dan gula bubuk hingga kental dan kaku. Sisihkan dalam kulkas agar tidak meleleh.

Kocok kuning telur, gula kastor, dan vanilli hingga kental, lalu lanjutkan mengocok di atas air mendidih (kocok tim) hingga telur hangat. Angkat, teruskan mengocok hingga telur kembali dingin. Matikan mikser.

Keluarkan whipped cream dari dalam kulkas. Masukkan keju mascarphone yg sudah dikocok, aduk rata (atau kocok dengan mixer speed 1), tuangkan pula kocokan kuning telur, aduk hingga rata benar.

Ditempat lain, campur gula, air kopi, dan rhum (optional), aduk rata, sisihkan.

Penyelesaian :

Masukkan krim dalam plastik segitiga yang telah diberi spuit bintang, lalu semprotkan dari arah tengah melingkar keluar. Taburi coklat bubuk menggunakan saringan yang halus.

Note :
– 1 resep cupcake jadi 15 buah (pake cupcase baru, diameter bawah 5cm, dm atas 7 cm)
– gak tau kenapa, tapi frostingnya ‘ a bit runny’ , jd aku masukin ke freezer beberapa jam, baru aku coba spuit lagi….tp tetap saja gak maksimal, gak spt yg diharapkan
– soal rasa sih ueenakk tenannn….pokoke resep ncc topzzz
– resep krim diatas cukup utk satu cake uk ± 20cm, kl utk resep cupcake diatas mungkin cukup 1/2 resep saja

Salam tiramisu !

image

Leave a Reply

